All About Guide in the World

Snap Packages vs Flatpaks : Perbedaan dan Mana yang Harus Anda Gunakan ?

56

Snap Packages vs Flatpaks : Perbedaan dan Mana yang Harus Anda Gunakan ? mungkin itu adalah sebuah pertanyaan jika anda seorang yang sehari-hari selalu menggunakan Linux, ya sekarang ada sebuah pilihan yang bisa anda pilih dan mungkin anda pusing harus memilih yang mana.

Anda akan berpikir ada perang packaging terjadi. Di satu sisi Anda memiliki paket Snappy Ubuntu, teknologi awalnya hanya dibuat untuk Ubuntu. Sekarang, dengan rilis Snapd, dapat berjalan di hampir apa pun.

Di sisi lain Anda memiliki Flatpaks, pada dasarnya serupa dalam banyak cara untuk Snaps, kecuali itu lebih open source dan bergantung pada repositori individu, bukan satu lokasi pusat. Teknologi ini juga dapat diinstal pada hampir apa pun. Jadi, mana yang lebih baik? Mana yang harus Anda gunakan? Dan yang paling penting, apa perbedaan? Mari kita cari tahu !

Snap Packages vs Flatpaks : Perbedaan dan Mana yang Harus Anda Gunakan ?

Apa perbedaan ?

Perbedaan antara paket Snap dan Flatpaks tidak benar-benar banyak. Snap diciptakan in-house oleh perusahaan Canonical  di balik Ubuntu dan teknologi yang hard-coded untuk menggunakan paket toko Snap. Beberapa mungkin gugup tentang ini, karena Ubuntu memiliki kontrol total, dan bahkan untuk membuat paket Snap Anda harus menandatangani Perjanjian Lisensi Kontributor (sesuatu yang beberapa orang sangat menentang).

Snap Packages vs Flatpaks : Perbedaan dan Mana yang Harus Anda Gunakan ?
Dengan Flatpaks semuanya open source dan tidak terpusat seperti Snaps. Apa yang lebih penting adalah bahwa Flatpaks lebih terfokus pada memberikan perangkat lunak untuk desktop, dan paket Snap adalah teknologi server pada dasarnya Canonical bukan hanya diadopsi untuk desktop tetapi bekerja untuk kedua.

Flatpak tidak memiliki store terpusat untuk berbicara. Bahkan sekarang, jika Anda menginstalnya, Anda belum tentu akan bisa mendapatkan hal yang terjadi dengan mudah. Perangkat lunak ini pada dasarnya bekerja seperti sistem Ubuntu PPA. Anda harus pergi keluar dan menemukan repositori dan kemudian menambahkannya. Hal ini berbeda dengan bagaimana Snaps kerja, yang hanya berasal dari Canonical snappy store dan tempat lain (untuk saat ini).

Snap Packages vs Flatpaks : Perbedaan dan Mana yang Harus Anda Gunakan ?
Ketika Anda menginstal paket Snap Anda pada dasarnya mendapatkan setiap bagian dari komponen software yang Anda butuhkan untuk menjalankan sesuatu dalam satu seluruh paket (jika Anda bingung, memikirkan Docker containers). Misalnya: Anda menginstal Snap yang bundel seluruh desktop Gnome. Itu akan dibundel dengan segala sesuatu, perpustakaan dan semua.

Dengan Flatpak, semuanya sedikit berbeda. Ambil contoh Gnome. Gnome Desktop flatpak akan memiliki semua file yang diperlukan tapi tidak setiap single library, kecuali pengembang memilih untuk melakukannya. Tim Flatpak menciptakan runtime yang perlu merumahkan semua yang Anda butuhkan.

baca juga : Cara Mudah Menjalankan Ubuntu Snap Packages di Distro Linux Lain

Mana yang harus Anda gunakan ?

Sulit untuk mengatakan apa teknologi akan menjadi pemimpin di sini. Semua akan menjadi keraguan, pendapat saya mengenai hal ini akan dipenuhi oleh beberapa komentar berdebat untuk satu posisi atas, jadi sebelum aku melangkah lebih jauh, saya hanya ingin menjadi jelas. Flatpaks dan paket Snap keduanya ide yang sangat menarik dan unik.

Snap Packages vs Flatpaks : Perbedaan dan Mana yang Harus Anda Gunakan ?
Hal ini jelas bagi saya, sekarang setidaknya, bahwa paket Snap akan menjadi hal untuk digunakan jika apa yang Anda inginkan adalah “format paket universal.” Dengan Snapd tersedia untuk hampir setiap distribusi yang dapat dibangun, itu semakin mudah untuk didapatkan. Apa yang lebih penting adalah bahwa setiap orang dapat mengetahuinya. Anda tidak perlu untuk memburu url repositori seperti Flatpak. Hanya menginstal dan pergi.

Snap Packages vs Flatpaks : Perbedaan dan Mana yang Harus Anda Gunakan ?
Itu bukan untuk mengatakan bahwa Flatpak tidak berharga. Jika Anda berada di Fedora 24, misalnya, Anda harus mengambil keuntungan penuh dari Flatpak. Anda juga bisa mendapatkannya bekerja pada Arch, jika Anda bisa dengan menginstal paket AUR ini, atau dengan membangun sendiri dari Github.

Kesimpulan

Meskipun Flatpak dan Snappy tidak ide-ide baru, mereka memiliki banyak kekuatan di belakang mereka. sudah seperti alat AppImage (dan lain-lain) di masa lalu, dan mereka tidak pernah benar-benar mendapat banyak traksi. Namun, saya berpikir bahwa kedua Flatpak dan Snappy memiliki apa yang diperlukan untuk membuat alat instalasi yang lebih universal di Linux, bahkan jika itu berarti kita memiliki dua format utama, bukan satu.

Beberapa orang mengatakan bahwa terlalu banyak pilihan di Linux buruk. Kami memiliki terlalu banyak distribusi, terlalu banyak format paket biner, terlalu banyak pilihan sistem file, terlalu banyak lingkungan desktop, dan berjalan pada daftar. Namun, saya berpikir bahwa apa yang dikatakan adalah kelemahan juga sebuah kekuatan besar. Kita bisa bertaruhan dengan baik di Snappy dan Flatpak. Jika satu akhirnya menjadi buruk kita dapat mencoba sesuatu yang lain, atau jika mereka berdua goo itu adalah situasi dimana kita semua menuai keuntungan.

Bagaimana perasaan Anda ketika datang ke Snap packages dibandingkan Flatpaks ? Beritahu kami di bawah ini !

referensi dan images :

  • maketecheasier.com
Comments