All About Guide in the World

Inilah Alasan Berbuka Puasa Harus Dengan yang Manis

46

Berbuka puasalah dengan yang manis, kalimat itu akan anda sering dengar ketika anda sedang menjalankan ibadah puasa. Kebanyakan dari kita tidak mengerti mengapa harus berbuka dengan yang manis.

Setelah kurang lebih 13 jam puasa, saat matahari terbenam tiba, Anda harus segera membatalkan puasa dan jangan menunda. Sejak kecil, harus diajarkan untuk berbuka puasa dengan manis sebelum makan makanan utama.

Seringkali kita bertemu banyak orang yang menjual aneka jenis takjil atau disediakan di masjid dan di dekat mushola lebih banyak bentuk makanan manis. Kenapa seperti itu, ya?

Image: danmogot.com

Dilansir dari laman thenational.ae (28 Maret 2017), ketika seseorang berpuasa, metabolisme menurun drastis karena nutrisi dalam tubuh kurang dari biasanya. Nutrisi yang digunakan tubuh diperoleh saat berbuka.

Karena itu, saat berbuka puasa, Anda harus makan atau minum sesuatu yang manis untuk mengembalikan energi ke tubuh. Sesuatu yang manis adalah sumber kalori yang mudah dicerna tubuh dengan cepat.

Makanan dan minuman manis merupakan peran yang sangat besar untuk mengembalikan energi, stamina, dan meningkatkan kadar gula dalam tubuh sehingga tubuh kembali segar.

Sebagai gantinya, takjil adalah makanan dan minuman yang tidak menggunakan pemanis buatan, seperti kurma, buah manis dan banyak air juga bisa meredakan dahaga setelah seharian berpuasa.

Image: dubai-online.com

Makanan manis memiliki fungsi mengembalikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa. Namun, jangan berlebihan konsumsi makanan manis karena itu buruk bagi tubuh dan bisa menyebabkan diabetes.

Dikutip dari esquire.co.id (24 Mai 2017), Mengenai sunnah Rasul untuk berbuka dengan manis, dr. Fiastuti menjelaskan bahwa tujuan sebenarnya adalah mengembalikan kadar gula darah saat berpuasa lebih dari 12 jam.

Ia merekomendasikan untuk lebih memilih jus saat meminum yang manis saat berbuka puasa. Buah yang dikonsumsi juga dianjurkan rasanya yang tidak asam, tapi manis seperti apel, anggur, dan jambu biji. Manfaat buah yang sehat akan sangat bagus jika Anda mengkonsumsi dalam kombinasi, misalnya jus buah tropis yang dikonsumsi bersamaan dengan buah non-tropis.

Kurma adalah salah satu makanan yang paling dianjurkan untuk berbuka puasa. Sebab, buah alami yang manis bisa mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

Comments