All About Guide in the World

Cara Pindah Instalasi PC Game Antar Hard Drives

52

Cara Pindah Instalasi PC Game Antar Hard Drives | Ini adalah skenario umum. Anda baru saja membeli hard drive baru (SSD, aku menebak) dan ingin mentransfer game terbesar Anda untuk itu sehingga Anda bisa mengucapkan selamat tinggal selamanya untuk menghemat waktu loading. Tapi menghapus dan menginstal ulang game lagi bisa berlangsung berjam-jam, terutama ketika Anda mempertimbangkan kenyataan bahwa Anda mungkin akan perlu mendownload ulang mereka juga.

Solusinya adalah dengan memindahkan game PC yang diinstal Anda langsung tanpa menginstal ulang mereka. Sayangnya, itu tidak sesederhana hanya menyalin dan menyisipkan mereka di mana Anda inginkan, itu membutuhkan beberapa tahap.

Metode Manual

Apakah Anda sedang mencari cara untuk memindahkan permainan yang ada di Steam, Origin atau Uplay, Anda dapat melakukannya tanpa perangkat lunak pihak ketiga. Kami akan menggunakan Steam sebagai contoh karena platform yang paling populer, tetapi prinsip yang sama berlaku di seluruh platform lain juga.

Pertama, pergi ke direktori instalasi permainan dan cut dan paste ke tempat yang Anda inginkan pada hard drive baru. (Jika Anda menyisipkan permainan steam, pastikan itu di folder “steamapps/common,” Steam otomatis terlihat bagi mereka di subdirektori. Jadi paste game, misalnya, “My Games/steamapps/common” atau “Steam Games/steamapps/common “)

Cara Pindah Instalasi PC Game Antar Hard Drives
Setelah Anda selesai melakukannya, uninstall game dari PC Anda menggunakan Steam dengan menavigasi ke dalam library Steam Anda, mengklik kanan dan klik “Delete Local Content.”

Pergi ke pengaturan download Steam Anda, (Di Steam, klik Steam di kiri atas -> Settings -.> Download) klik “Steam Folder Library -> Add Library Folder,” kemudian pilih direktori tempat Anda menyisipkan permainan Anda. (Jangan termasuk “steamapps/common” bagian sini, karena steam akan berlaku secara otomatis.)

Cara Pindah Instalasi PC Game Antar Hard Drives
Tutup jendela Settings, pergi ke (uninstall) di library steam Anda, kemudian klik install dan pilih direktori instalasi baru yang Anda tambahkan ke Steam. Karena semua file game sudah ada, Steam akan melewatkan proses download dan melanjutkan menginstal game ke drive baru.

Cara Pindah Instalasi PC Game Antar Hard Drives
Rincian yang tepat akan bervariasi, tetapi Anda dapat melakukan cukup banyak hal yang sama, copy dan paste permainan lalu uninstall, kemudian instal ulang tanpa redownload pada Uplay, origin, dll

Gunakan Steam Mover

Atau, Anda dapat menggunakan alat kecil yang sangat ringan namun berguna yang disebut Steam Mover. Cara kerjanya Steam Mover adalah dengan memindahkan semua file game ke lokasi pilihan Anda sementara meninggalkan Junction Point di lokasi asli. Ini berarti Anda tidak harus menghapus folder permainan yang tertinggal di lokasi asli permainan, seperti menghapus mereka karena steam tidak akan dapat menemukan mereka ketika Anda mencoba dan menjalankannya. Meskipun itu untuk steam, Anda juga dapat menggunakan Steam Mover untuk Origin, GOG, Uplay atau permainan lainnya, dan setiap program dan file yang Anda inginkan untuk hal lain.

Download :  Download steam mover

Anda dapat mendownload Steam Mover. (Anda perlu gulir ke bawah sedikit) Setelah Anda selesai melakukannya, ekstrak dan menginstalnya dimana pun Anda suka.

Cara Pindah Instalasi PC Game Antar Hard Drives
Terbuka Steam Mover, dan akan secara otomatis mendeteksi daftar semua game steam di library Anda. Jika tidak, klik tiga titik di samping “Steam Apps Common Folder” secara manual mencari library Steam Anda pada hard drive Anda, kemudian pilih dan klik “Refresh.”

Selanjutnya, klik tiga titik di bawah “Alternative Folder” di Steam Mover untuk memilih lokasi yang Anda ingin untuk memindahkan permainan steam Anda untuk (mungkin, di suatu tempat pada hard drive baru).

Selanjutnya, dengan permainan terdaftar, pilih semua yang Anda ingin dipindahkan dengan menahan Ctrl sambil mengklik masing-masing sehingga mereka semua disorot. Setelah Anda selesai melakukannya, klik panah biru untuk memindahkan semua game yang dipilih ke drive baru. Sebuah jendela command prompt akan muncul. Ketika command prompt menutup, dan Anda melihat panah biru untuk setiap permainan di kolom sebelah kanan, pekerjaan selesai.

Cara Pindah Instalasi PC Game Antar Hard Drives
Kesimpulan

Mampu memindahkan game PC yang diinstal Anda dengan mudah antara hard drive adalah keterampilan yang berguna, tidak hanya karena menghemat waktu, tapi karena berpotensi menghemat gigabyte untuk redownload. Jika Anda memiliki masalah saat download, atau koneksi Anda akan lambat karena Anda terlalu banyak mendownload dalam waktu singkat, maka ini bisa menghemat waktu anda.

Comments