All About Guide in the World

Cara mengubah folder download IE dan Edge

75

Cara mengubah folder download IE dan Edge | Internet Explorer dan Microsoft Edge sudah dikonfigurasi untuk mendownload file ke folder download pengguna secara default.

Lokasi tidak berubah di seluruh perangkat, sehingga para pengguna Windows tahu di mana mencari lokasi file yang didownload pada Sistem Operasi Windows.

Sementara itu nyaman-nyaman saja, download folder mungkin tidak selalu menjadi lokasi terbaik untuk download. Hal ini dapat terjadi jika ukuran partisi utama komputer agak kecil . Jika Anda pernah mencoba untuk mendownload Image ISO Windows atau file lain yang setidaknya mempunyai ukuran beberapa Gigabytes, Anda tahu ruang akan menjadi masalah dalam kasus ini.

Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan untuk download baik di Internet Explorer dan Microsoft Edge. meskipun Pilihan untuk melakukannya agak tersembunyi, Silahkan lihat panduan ini.

Lokasi default download

Cara mengubah folder download IE dan Edge

Lokasi default download untuk Internet Explorer dan Microsoft Edge yang gunakan untuk menyimpan file download dari internet ke sistem lokal adalah %USERPROFILE%\Downloads.

USERPROFILE adalah variabel yang merujuk pada login direktori profil pengguna pada Sistem Operasi Windows, misalnya c:\users\forguides\.

Mengubah lokasi folder Download Internet Explorer

Metode ini berlaku untuk semua versi Internet Explorer yang dikelola oleh Microsoft. Internet Explorer adalah default browser di semua versi didukung Windows dengan pengecualian Windows 10 dimana telah digantikan oleh Microsoft Edge.

Namun Browser IE tersedia pada Windows 10 juga.

Untuk mengubah file save lokasi Microsoft Internet Explorer, lakukan langkah berikut.

Langkah 1 : Buka Internet Explorer, klik pada ikon menu, dan pilih View Downloads dari menu konteks yang terbuka. Atau, gunakan shortcut Ctrl-J untuk membuka Downloads langsung.

Cara mengubah folder download IE dan Edge

Langkah 2 : Ketika jendela download terbuka, pilih Options di bagian kiri bawah layar.

Cara mengubah folder download IE dan Edge

Langkah 3 : Ini akan membuka layar download options yang memungkinkan Anda untuk menetapkan lokasi download default baru dan mengkonfigurasi pemberitahuan Download.

Cukup klik pada browse pada layar, gunakan browser folder untuk memilih lokasi baru pada komputer yang ingin digunakan Anda sebagai download folder baru untuk Internet Explorer , dan klik pada Ok pada akhirnya untuk menyelesaikan perubahan.

Cara mengubah folder download IE dan Edge

Window download options harus menampilkan nama folder baru ketika Anda membuat perubahan. Harap dicatat bahwa hal itu hanya nama folder, bukan path lengkap.

Mengubah lokasi folder Download Microsoft Edge

Browser Microsoft Edge sepenuhnya didesain ulang yang sedikit sama dalam hal antarmuka dengan Internet Explorer.

Anda membuka daftar download dengan klik pada icon Hub (tiga garis horizontal) di antarmuka browser, dan memilih downloads dari menu jika tidak dipilih secara otomatis.

Catatan : Mengubah download direktori di Microsoft Edge hanya tersedia bila Pembaruan Anniversary diinstal pada sistem. Edge tidak ada pilihan untuk mengubah download di versi sebelumnya.

Untuk mengubah direktori default download Microsoft Edge, lakukan hal berikut:

Langkah 1 : Klik pada ikon menu utama (tiga titik) di antarmuka Microsoft Edge, dan pilih opsi settings dari menu konteks yang terbuka.

Cara mengubah folder download IE dan Edge

Langkah 2 : Gulir ke bawah sampai Anda menemukan bagian advanced settings. Klik pada tombol view advanced settings.

Tips : klik pada ikon pin settings sidebar sehingga tidak akan menutup tanpa Anda lakukan.

Cara mengubah folder download IE dan Edge

Langkah 3 : Cari downloads di halaman berikutnya. daftar lokasi saat download file dari Microsoft Edge yang disimpan dalam (path lengkap). Klik pada change, dan pilih folder baru di komputer lokal untuk mengubah lokasi.

Cara mengubah folder download IE dan Edge

Untuk Microsoft Edge, Anda juga mungkin tertarik dalam dua pilihan lain untuk mengubah lokasi download silahkan cek disini Mengubah folder Download default Edge menggunakan Windows Registry dan Download Folder

Kesimpulan

Internet Explorer dan Microsoft Edge akan menggunakan folder baru untuk semua download file saat Anda membuat perubahan.

sebelumnya download tetap di folder lama meskipun, dan jika ruang habis, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memindahkan file dari yang lama ke lokasi baru.

referensi dan images :

  • ghacks.net
Comments