All About Guide in the World

Cara mengemat Kuota Internet Android

33

Cara mengemat Kuota Internet | Mengemat kuota internet android semua operator | trik menghamat kuota di android | aplikasi untuk menghemat kuota | cara agar kuota tidak habis | selamat Pagi sahabat ForGuides, kali ini saya akan memberikan tips untuk dunia teknologi yang biasanya menjadi bahan pertanyaan “kenapa kuota saya cepat habis ?” mungkin anda sering membeli kuota tapi sering cepat habis pula.

Mengemat kuota internet android semua operator
Mengemat kuota internet android semua operator

disini saya akan memberikan sedikit tips yang akan berguna bagi anda yang sering menggunakan akses internet menggunakan handphone android. sedikit informasi bahwa cara menghemat kuota dapat menggunakan Aplikasi atau bisa juga mensetting di smartphone.

Cara mengemat Kuota Internet

1. Mengubah Anda `fitur Maps` ke Mode Offline

Anda tentu tidak menyadari bahwa Maps fitur yang tersedia pada putaran smartphone Anda menguras data internet Anda. Sayangnya, banyak pengguna smartphone yang tidak berpikir itu benar-benar Maps menggunakan layanan GPS yang ternyata menguras data internet, terutama jika Anda menggunakannya untuk layanan navigasi built-in, turn-by-turn arah, melihat lalu lintas secara real waktu, atau melihat peta dengan mode satelit,

Baik dari dua Maps fitur yang tersedia pada kedua iOS dan perangkat Android memiliki modus offline. Untuk Android, tekan Search Bar di bagian atas aplikasi Peta, geser dan tahan untuk memenuhi `Simpan folder option untuk menggunakan offline` dan pilih save pilihan untuk beralih ke modus offline. Untuk Apple, Anda hanya mengubah mode ke mode penerbangan.

Cara lain untuk tidak ikut campur dengan fitur GPS yang ternyata menyedot Data internet Anda adalah dengan menggunakan aplikasi di mana Anda terus menggunakan navigasi GPS dan turn-by-turn Ulasan arah offline. Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan adalah aplikasi copilot GPS untuk US $ 7,99, atau sekitar Rp 104 ribu.

2. Gunakan Aplikasi `Mailbox` Untuk Tujuan Email

Anda harus tahu bahwa ketika menggunakan fitur email, men-download dan meng-upload lampiran dengan data yang besar akan menyedot data internet Anda. Perlu dicatat juga, jika Anda membuka pesan email dari rekan Anda juga masih akan menyedot data, meskipun tidak sebesar saat men-download atau meng-upload lampiran.

IOS dan Android pengguna dapat men-download program Mailbox aplikasi Dropbox yang tersedia di kedua perangkat. Aplikasi ini pasti akan membantu Anda untuk menyimpan data yang tidak boleh tersedot saat menggunakan email pada aplikasi smartphone tetap Anda.

3. Pakai Browser yang Efisien

Percayalah, aplikasi browser bawaan yang sudah ada di smartphone Anda memang memiliki banyak keuntungan, tapi ternyata menghisap Data internet Anda begitu besar.

Cobalah untuk men-download browser yang lebih efisien seperti Opera Mini mampu menyimpan data Anda di primer untuk kompres situs web yang Anda kunjungi. Browser ini juga memiliki `boost` video buffer data yang hemat fitur yang mampu mengurangi proses dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar.

baca juga : Cara mempercepat charge smartphone

4. Mengawasi penggunaan data

Sebelum menyimpan penggunaan data, hal ini membantu pengguna mengidentifikasi jenis konsumsi data. Lebih sering habis karena media sosial, browsing, bermain game, menonton video online atau justru karena digunakan untuk mengunduh aplikasi.

Pengguna dapat dengan mudah mengenalinya melalui setiap menu di ponsel, baik sistem operasi Android, iOS atau Windows Phone.

Menu ini biasanya hadir di bagian pengaturan. Ketika dibuka akan menunjukkan berapa banyak data yang telah digunakan dan aplikasi apa yang menggunakannya.

Selain menggunakan aplikasi bawaan, ada juga aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan menghitung data konsumsi. Misalnya, pengguna Android bisa mencoba aplikasi bernama Onavo Count untuk melacak penggunaan data.

Setelah mengetahui aplikasi apa yang menggunakan banyak data, pengguna tentu lebih mudah untuk mengelola ketika menjalankan aplikasi. Misalnya, hanya membuka jalan ketika terhubung ke WiFi atau pada jam-jam tertentu ketika penyedia layanan komunikasi yang memberikan bonus kuota internet.

5. Matikan update otomatis

Update otomatis membuat pengguna selalu bisa mendapatkan aplikasi terbaru tanpa kerumitan. Tapi jika tidak terkontrol, fitur ini bahkan menjadi perangkap yang dapat mengurangi kuota data.

Bayangkan, jika Anda menggunakan layanan data dari koneksi mobile maka tanpa disadari ada sejumlah aplikasi diperbarui secara otomatis.

Salah satu aplikasi tersebut adalah 30 MB mengatakan. Ketika pembaruan otomatis terjadi dalam lima aplikasi dengan ukuran yang sama saja 150 MB yang hilang dari kuota data.

Seorang pengguna harus mematikan fitur ini, dan pilih opsi untuk memperbarui aplikasi secara manual atau secara otomatis hanya bila tersambung ke WiFi. Tujuan untuk aplikasi, seperti Google Play Store tidak secara otomatis men-download update menggunakan koneksi mobile. dengan mematikan Update Otomatis kita dapat Mengemat kuota internet android untuk semua operator

6. Minimalkan download aplikasi

Mengurangi men-download aplikasi melalui koneksi mobile. Ukuran file yang sebenarnya dari sebuah aplikasi bervariasi, tidak semua besar. Namun, jika Anda termasuk orang-orang seperti untuk bermain game, melihat ukuran file yang didownload.

Seringkali game dengan tiga dimensi tampilan grafis memiliki file besar. Misalnya, keluaran Kontrak Pembunuh Glu Mobile, yaitu sekitar 295 MB.

Kadang-kadang, setelah diinstal ada data pendukung lain yang harus didownload oleh jenis permainan masih. Ketika total, data download hampir bisa mencapai 1 GB. Jumlah ini tentu saja akan mengambil banyak kuota data, terutama jika sering.

Bila Anda harus men-download permainan seperti ini, Anda harus mencari koneksi WiFi gratis atau lakukan ketika Anda berada di lokasi tertentu yang menawarkan WiFi. Alternatif lain untuk menghemat, mencoba untuk mendownload aplikasi yang digunakan ketika operator memberikan kuota bonus.

Aplikasi lain, seperti Facebook, Instagram atau Path, biasanya kecil ketika pertama kali download. Namun, data konsumsi dapat diperbesar saat digunakan. Jalan, misalnya, dapat mengkonsumsi ratusan megabyte data untuk menampilkan linimasanya kuota sempit dengan foto.

Jika masalah terbesar dalam kuota data Anda adalah masalah aplikasi jejaring sosial seperti ini, cobalah untuk mengatur waktu penggunaan aplikasi. Misalnya, dengan mengurangi upload foto, mengurangi refresh waktu untuk aplikasi hanya terbuka ketika terhubung ke WiFi

7. Gunakan WIFI

cobalah mencari jaringan yang tersedia WIFI secara gratis agar anda dapat berselancar di dunia maya dengan bebas dan tentunya gratis, mungkin ada juga beberapa WIFI yang di Password tapi anda bisa menemukan jaringan WIFI yang terbuka di dekat mall atau wilayah perbelanjaan.

sekian artikel berjudul “Cara mengemat Kuota Internet Android“, jika ada yang ingin ditanyakan silakan dikomentar dan jika anda punya Tips silakan berbagi di komentar

Comments