All About Guide in the World

9 Cara Mengatasi Iphone yang Lambat

1.216

Cara Mengatasi Iphone yang Lambat | Cara Meningkatkan Kecepatan iPhone Yang Lambat | Selamat Pagi sahabat ForGuides, kali ini saya akan memberikan sedikit Tips untuk anda yang mempunyai IPhone agar tidak lemot saat menggunakan Iphone, Sering kali kita merasakan Iphone yang kita pakai sangat lambat dan terasa lemot membuat kita kesal. oleh karena itu saya disini akan memberikan beberapa cara yang bisa anda coba dirumah untuk mengatasi Iphone yang lemot.

Perangkat buatan Apple, khususnya iPhone jarang mengalami masalah pada kinerja dan jarang terasa lambat atau lemot. Tapi biasanya itu bisa dan akan mulai terasa saat iphone ketika anda mendapatkan update sistem iOS terbaru, sehingga kinerja hardware terkadang memiliki sedikit kendala dalam melaksanakan beberapa fitur baru.

Ada beberapa trik yang bisa Anda ikuti agar iphone Anda tidak merasa lambat, dan Anda juga akan mendapatkan perangkat Iphone anda kembali ke kecepatan normal, berikut adalah beberapa langkah yang kami kutip dari beberapa sumber.

Cara Mengatasi Iphone yang Lambat

1. Reboot / Restart

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi iPhone lambat adalah dengan me-reboot atau mematikan dan langsung menghidupkan kembali perangkat Anda. Bagaimana cukup mudah bukan ? Anda hanya perlu menekan tombol Home atau tombol sleep/wake secara bersamaan sampai layar berubah menjadi hitam dan kemudian muncul logo Apple. Ketika muncul logo Apple maka silakan anda segera lepaskan tombol

2. Reduce Motion

iOS memiliki beberapa animasi dan gerak efek, seperti paralaks ini bisa dibilang tidak diperlukan pengguna. Apalagi jika kehadiran fitur ini membuat perangkat iOS Anda menjadi lambat.

Cara Mengatasi Iphone yang Lambat

Cara untuk meonaktifkan fitur ini cukup mudah silahkan pergi ke Settings > General > Accessibility > Reduce Motion. Kemudian silakan switch ke ON

3. Hapus Cache

sistem operasi IOS memiliki built-in atau Aplikasi bawaan safari yang bisa dianggap sangat baik dalam membersihkan data yang tidak digunakan dalam sistem, meskipun pengguna sesekali juga perlu untuk membersihkan data yang tidak terpakai secara manual.

Anda harus tahu bahwa membersihkan cache secara berkala akan membuat perangkat Anda memiliki lebih banyak ruang penyimpanan, karena file tidak berguna sudah dibuang.

Berikut cara membersihkan file cache di Safari

  • Silahkan Buka Safari Browser
  • Silahkan Klik ke menu setting
  • Buka pengaturan pada Safari
  • Silahkan Anda Scroll panah ke bawah dan pilih Clear History and Website Data

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

aplikasi yang tidak digunakan sebenarnya mengambil ruang penyimpanan juga, sebaiknya anda melakukan seleksi aplikasi yang berguna saja dan membuang aplikasi yang tidak berguna untuk mempengaruhi kinerja sistem Anda. Dengan demikian, pengguna iPhone Perlu menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan lagi. Misalkan permainan yang sudah selesai anda mainkan.

Berikut cara mudah menghapus aplikasi yang tidak digunakan di iPhone

  • Silakan Tekan ikon aplikasi yang ingin dibuang pada home screen
  • Lalu Tahan Sebentar dan Segera tekan tombol x yang muncul.

* yang perlu di ingat adalah ketika sebuah aplikasi dihapus maka data yang disimpan pada aplikasi tersebut akan menghilang pada memori internal anda.

5. Reduce Transparency

Transparan dan blur efek sudah anda di iOS sejak lama. Dengan efek ini akan ada tulisan seperti di Conrol Center yang dapat lebih mudah terlihat dengan background yang agak sedikit blur. Tapi dengan Anda mengaktifkan fitur ini, membuat kerja baterai dan cpu Anda semakin meningkat. Jadi, ada kemungkinan fitur ini dapat menurunkan kinerja dari perangkat iOS Anda, meskipun hanya sedikit.

Cara Mengatasi Iphone yang Lambat

Cara menonaktifkan fitur ini cukup mudah silahkan pergi ke Settings > General > Accessibility > Increase Contrast. Kemudian switch ke ON pada menu Reduce Transparency.

6. Matikan fitur yang tidak digunakan

Ketika sebuah aplikasi iOS di perangkat iOS Anda di tutup, ternyata iOS memungkinkan aplikasi untuk mengambil konten bahkan jika berada dalam keadaan tidak aktif. Misalnya Facebook, meskipun Anda tidak menjalankan aplikasi tersebut, Anda akan mendapatkan pesan pemberitahuan bila ada undangan dari teman-teman, komentar dan lain-lain.

iPhone dengan iOS 8 memiliki banyak fitur yang berguna bagi pengguna, salah satunya adalah Background App Refreshes. Beberapa aplikasi kadang-kadang tidak dapat dihapus dari perangkat, bahkan jika pengguna tidak menggunakannya. fitur Background App Refreshes dapat digunakan untuk menonaktifkan notifikasi yang cukup mengganggu dari aplikasi itu.

Fitur ini benar-benar berguna ya tentu saja, tapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk menonaktifkan fitur ini untuk beberapa aplikasi yang Anda rasa Anda tidak perlu memperbarui isi setiap saat. Dengan menonaktifkan fitur ini Anda dapat menghemat baterai dan penggunaan CPU tidak akan bekerja terlalu berat.

Cara Mengatasi Iphone yang Lambat

Cara menonaktifkan fitur ini cukup mudah silahkan pergi ke Settings > General > Background App Refresh > Kemudian switch ke OFF dari aplikasi yang tidak anda butuhkan untuk update konten setiap rentang waktu tertentu. Misalkan : Facebook.

baca juga : Cara Backup Data iPhone ke Memori Eksternal

7. Spotlight Search

Dengan spotlight  Anda dapat mencari apa pun dari aplikasi, kontak, podcast musik, surat email dan lain-lain. Nah, Anda dapat menonaktifkan aplikasi tertentu dari indeks daftar Spotflight. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan hasil pencarian yang Anda lakukan agar tidak terlalu penuh.

Cara Mengatasi Iphone yang Lambat

Cara menonaktifkan fitur ini di aplikasi tertentu, silakan pergi ke Settings > General > Spotlight Search.

8. Siri Suggestions

Dengan hadirnya iOS 9, Siri akan menampilkan hasil pencarian yang berkaitan dengan kata kunci kata kunci yang pengguna cari melalui Spotlight, seperti aplikasi, kontak, dan lokasi lainnya. Fitur ini disebut dengan  Apple Siri Suggestions. Nah jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya, sebaiknya menonaktifkannya, ini akan menghemat penggunaan CPU.

Cara untuk menonaktifkannya silakan pergi ke Settings > General > Spotlight Search. Kemudian switch ke OFF dari Siri Suggestions.

9. Restore atau Downgrade iOS

Jika file backup yang Anda restore setelah upgrade ke iOS 9 menyebabkan penurunan kinerja, hal ini membantu Anda melakukan Reset Factory . Caranya adalah dengan pergi ke Settings > General > Reset > Erase All Content adn Settings. Setelah itu lakukan pengaturan iPhone atau iPad dari awal kembali.a

tambahan saya berikan beberapa Video Referensi untuk anda

Cara mudah agar iphone/ipad terhindar dari lemot dan lag
Cara mempercepat kinerja Iphone yang Lemot

Kesimpulan

sebenarnya kalau dilihat dari beberapa penyebab yang menyebabkan Iphone lambat adalah beberapa Aplikasi yang tidak terpakai dan adanya pembaharuan yang membuat IPhone semakin banyak Fitur-fitur baru membuat IPhone semakin bekerja keras walaupun Hardware kurang mendukung pada Upgrade Sistem.

referensi :

  • jurnalweb.com
  • applenesian.com
  • youtube
Comments