Cara Mengatasi Hipertensi Akibat Salah Makan Saat Puasa

Hipertensi bisa saja terjadi saat menjalankan ibadah puasa, sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan Hipertensi salah satunya adalah salah dalam memilih makanan saat sahur ataupun berbuka puasa.

Memiliki tekanan darah normal tentu hal yang baik. Karena itu, untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, tekanan darah harus dijaga dalam rentang sehat di kisaran 120/80. Dirangkum dari laman hellosehat.com (23 Mei 2017), Berikut empat cara untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap normal.

1. Kendalikan Berat Badan

Dilansir dari laman health.detik.com (23 Feb 2017), Tekanan darah akan meningkat jika kenaikan berat badan secara drastis. Biasanya, Meskipun berat badan hanya bisa bertambah 3 Kg. Namun, berat badan harus berada dalam kisaran normal. Jika berat badan Anda saat ini berada di atas kisaran normal, segera turunkan secara bertahap dengan berolahraga serta diet sehat dan seimbang.

2. Olahraga teratur

Image: oliverbross.com

Sejalan dengan pengendalian berat badan, olahraga teratur juga bagus untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Olahraga akan memperkuat otot jantung sehingga bisa memompa darah lebih baik.

Olahraga juga akan menurunkan kadar lemak di pembuluh darah, yang pada akhirnya akan menjaga tekanan darah tetap normal.

3. Kurangi Garam dan Perbanyak Makan Sayuran dan Buah

Image: storyofworld.com

Dalam batas yang wajar, garam sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Namun bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, secara alami garam bisa meningkatkan tekanan darah. Karena itu kadar natrium dalam garam yang tinggi bisa meningkatkan laju aliran darah.

Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan karena mengandung banyak vitamin dan mineral, yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

4. Jauhi Rokok dan Minuman Beralkohol

Image: lifehopeandtruth.com

Bagi anda yang pengguna rokok atau sering minum minuman beralkohol sebaiknya dikurangi, Zat kimia dalam rokok, seperti nikotin dan tar, bisa menyumbat dan mempersempit pembuluh darah. Sehingga akan menghambat aliran darah dan memperparah kerja jantung. Sementara alkohol perlahan akan merusak jantung dan akan menghambat kinerjanya dalam memompa darah. Jauhi keduanya agar tekanan darah tetap normal.

You might also like More from author