Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10

Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10 | Cara Menghemat Baterai Pada windows 10 | Selamat Pagi sahabat ForGuides, Kali ini saya akan memberikan sedikit Tips untuk anda para pengguna Windows 10. Tips yang akan saya bahas disini adalah Tentang penggunaan Baterai pada windows 10 baik itu untuk menganalisis yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan baterai.

Setiap kali sistem operasi baru dirilis, terlepas dari apakah itu adalah versi baru dari Windows atau sistem operasi mobile, hampir mengingat bahwa perbaikan kinerja baterai disorot dalam press release dan selama presentasi.

Peluncuran Windows 10 tidak berbeda dalam hal ini, bersama Microsoft perbaikan penggunaan baterai menjanjikan di seluruh papan.

Microsoft menambahkan alat-alat baru untuk sistem operasi Windows 10 yang membantu Anda menganalisis, memecahkan masalah dan meningkatkan menggunakan baterai saat menggunakan perangkat yang menjalankan sistem operasi.

Fitur baru, Penggunaan Baterai, adalah tambahan baru yang bukan bagian dari versi sebelumnya dari sistem operasi Windows (tapi bagian dari Windows Phone).

Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10

Battery Saver

Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10

Battery Saver adalah titik masuk baru untuk informasi dan preferensi baterai, berhubungan ini adalah bagian dari aplikasi Pengaturan dan Anda tidak akan menemukan sebagian besar informasi, ini akan ditampilkan dalam classic Control Panel.

  • Tekan pada Windows-I untuk membuka Settings application pada perangkat Windows 10 Anda.
  • Arahkan ke System> Battery Saver untuk membuka menu.

Battery Saver menampilkan bagaimana kehidupan banyak baterai yang tersisa baik di persen dan juga dalam jam dan menit.

Ini menyebutkan pilihan untuk menghemat baterai dengan beralih fitur Battery Saver yang dapat Anda lakukan dengan menggerakkan pada slider di antarmuka.

Windows 10 akan mematikan fitur ini otomatis ketika baterai turun di bawah tanda 20%.

Battery Saver Settings

Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10

Sebuah klik pada “battery saver settings” menampilkan pilihan berikut untuk Anda pada layar baru :

  • Mengubah ambang 20% untuk salah satu yang berbeda menggunakan slider, misalnya melaksanakan hemat baterai pada 50% atau 35%.
  • Aktifkan “allow push notifications from any app while in battery saver“.
  • Aktifkan “lower screen brightness while in battery saver“.
  • Menambahkan aplikasi ke daftar putih. Aplikasi ini diizinkan untuk berjalan di latar belakang, dan untuk mengirim dan menerima pemberitahuan push, bahkan jika modus penghemat baterai diaktifkan.
Baca juga :  Cara Menonaktifkan News pada Opera New Tab

pengaturan tersebut bukan patokan dibandingkan dengan apa yang ditawarkan di menu classic Power Options, dan sangat dianjurkan untuk pergi melalui pilihan juga untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada Windows 10 perangkat lebih lanjut.

  • Tekan Windows-Pause untuk membuka Control Panel classic. Jika laptop atau perangkat tidak memiliki Pause-key, tekan pada Windows-key dan ketik Control Panel dan tekan enter.
  • Jika Anda menggunakan Windows-Pause, klik “Control Panel Home“, dan pilih Power Options dari daftar yang terbuka.

Power Options menampilkan semua rencana yang tersedia, Anda mungkin perlu untuk mengklik pada “show additional plans” untuk menampilkan mereka semua.

Memilih salah satu rencana, dan pilih “change plan settings” setelah itu. Jika Anda tidak punya waktu, pilih “power saver“.

Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10

Halaman yang terbuka hanya menampilkan pilihan dasar. Anda dapat mengubah waktu idle untuk mematikan layar dan menempatkan komputer untuk tidur (atau mengubah mereka off).

baca juga : Cara menonaktifkan Windows Feedback pada Windows 10

Sebuah klik pada “change advanced power settings” akan memberikan Anda kontrol lebih atas rencana kekuatan.

Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10

Anda dapat membuat penyesuaian berikut dalam opsi advanced power options menu :

  • Memerlukan sandi saat pengaktifan.
  • Matikan hard disk setelah x menit, atau mematikan fitur ini.
  • Mengubah frekuensi waktu JavaScript Internet Explorer (kinerja maksimum atau penghematan daya maksimum).
  • Mengubah desktop background tayangan slide off atau on.
  • Mengatur mode hemat daya dari Adapter Wireless untuk kinerja maksimum atau rendah / menengah / penghematan daya maksimum.
  • Mengatur waktu diam tidur dan timer bangun.
  • Konfigurasi USB menghentikan selektif.
  • Mengkonfigurasi aksi tombol power (pada kasus PC).
  • Mengkonfigurasi PCI Express Link State Power Management.
  • Mengkonfigurasi manajemen daya prosesor (minimum processor state, system cooling policy and maximum processor state).
  • Aktifkan kecerahan adaptasi dan kapan harus mematikan layar (setelah PC telah diam selama x-menit).
  • Mengkonfigurasi pengaturan multimedia.
Baca juga :  Cara Nonaktifkan Lock Screen pada Windows 10

Battery Use

Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10

klik pada “battery use” di aplikasi Setelan (bukan Control Panel applet), berisi informasi kinerja baterai selama 24 jam terakhir.

Anda dapat mengubah jangka waktu 48 jam atau 1 minggu menggunakan menu dropdown di bagian atas.

Battery Use menu menampilkan informasi agregat di bagian atas yang menyoroti berapa banyak daya sistem, tampilan dan Wi-fi digunakan dalam jangka waktu yang dipilih, dan berapa banyak kegiatan latar belakang yang digunakan.

Di bawah ini yang merupakan aplikasi dan program yang menggunakan daya yang paling banyak dan dapat mengungkapkan informasi yang berguna. Allowed menunjukkan  bawah aplikasi ia memiliki izin untuk berjalan di latar belakang.

Anda bisa mengklik pada sebuah aplikasi dan pilih rincian tombol setelah itu untuk menampilkan informasi penggunaan baterai khusus aplikasi.

Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10

Apa yang mungkin paling menarik di sini adalah “in use” untuk “background” rasio. Jika Anda melihat bahwa sebuah aplikasi atau program menggunakan banyak baterai saat berjalan di latar belakang, Anda mungkin ingin mengakhirinya setelah Anda selesai menggunakannya bukan membiarkannya berjalan di latar belakang.

Ini hanya bekerja jika Anda tidak memerlukan fungsi pemberitahuan atau ingin mempertahankannya tentu saja.

Dua preferensi aplikasi khusus ditampilkan di sini juga :

  • Memungkinkan aplikasi ini untuk berjalan di latar belakang (diaktifkan secara default).
  • Memungkinkan aplikasi ini untuk berjalan di latar belakang, bahkan ketika baterai saver aktif (dimatikan secara default).

Battery Use menu menggunakan tautan ke pengaturan aplikasi latar belakang yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol (Windows apps) aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang.

Hal ini lebih mudah untuk mengontrol di sini karena Anda dapat flip switch untuk semua aplikasi yang diinstal langsung pada page saving time.

Masuk akal untuk menonaktifkan izin latar belakang yang menjalankan aplikasi yang tidak digunakan. Misalnya, jika Anda tidak menggunakan Messaging, Skype atau Foto, Anda mungkin ingin menonaktifkan kinerja aplikasi, untuk berjalan di latar belakang karena dapat menguras baterai ketika ia berjalan.

Battery Saver mempengaruhi proses lainnya atau aplikasi

Battery Saver, ketika diaktifkan akan mematikan fitur lainnya :

  • Mail, People dan Calendar tidak sinkron.
  • Update Windows non-critical diblokir, tapi scan masih dilakukan untuk update.
  • Kecerahan layar dikurangi menjadi 30%.
  • Sebagian data telemetri diblokir. Menurut Microsoft, hanya telemetri critical yang diupload termasuk data sensus.
  • tugas Windows Task Scheduler memicu hanya dalam keadaan tertentu (tugas Idle Settings, Maintenance Settings, diatur untuk “berjalan hanya ketika pengguna login”).
Baca juga :  Cara mengatasi duplikat icon pada taskbar Windows

Aplikasi Latar belakang menguras daya

Penggunaan daya aplikasi latar belakang dapat bervariasi sebagian besar tergantung pada bagaimana Anda menggunakan perangkat Windows 10 Anda. Latar Belakang aplikasi hanya menyumbang 0,2% dari daya pada MySurface 4 sistem Pro misalnya yang berarti bahwa pilihan Battery Saver untuk mencegah aplikasi dari berjalan di latar belakang tidak akan banyak membantu.

Hal ini masih berguna meskipun jika opsi menurunkan kecerahan layar diaktifkan. Tapi itu juga dapat mengkonfigurasi langsung penggunaan opsi daya dari control panel classic.

Mengurangi penggunaan daya

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi penggunaan daya pada perangkat Windows 10 ?

  • Anda bisa mengaktifkan mode Battery Saver secara permanen, terutama jika Anda belum menggunakan salah satu fitur yang membatasi (app sinkronisasi). Karena itu mempengaruhi kecerahan, aplikasi Display latar belakang dan aktivitas, yang akan mengurangi penggunaan daya.
  • Anda juga mungkin ingin mengkonfigurasi disk dan menampilkan waktu idle di Power Options classic. Sebab tampilan biasanya merupakan salah satu faktor utama untuk menguras baterai, mungkin ide yang baik adalah set ke nilai yang rendah sehingga dimatikan setelah singkat waktu tidak ada gunanya.
  • Program dan aplikasi yang Anda jalankan akan menguras baterai, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan tentang hal itu.
  • Anda dapat mengubah perilaku Anda akan, misalnya dengan menghindari untuk menjalankan aplikasi yang menurut Anda tidak diperlukan di Dalam kondisi tersebut. Jadi, bukannya membuka aplikasi Facebook atau Facebook di Microsoft Edge untuk memeriksa apa yang baru, Anda akan menunda itu untuk kemudian waktu apabila perangkat terhubung ke sumber listrik.

Sekian artikel berjudul “Cara menganalisis dan mengurangi penggunaan baterai pada Windows 10“, jika ada yang ingin menambahkan silakan dikomentar

Fitroh Satrio

Penyuka nasi goreng, Saat ini senang bermain Dota2. Sangat senang dengan hal yang berkaitan dengan #SEO #DigitalMarketing #Linux

Pin It on Pinterest