All About Guide in the World

8 Cara Memperbaiki HP yang tidak bisa di charger

10.493

Cara Memperbaiki HP yang tidak bisa di charger | Mengatasi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Mengisi daya | Selamat Pagi sahabat ForGuides, kali ini saya akan memberikan sedikit Tips untuk smartphone anda yang bermasalah pada saat melakukan isi ulang (Charger). memang banyak beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan hal tersebut.

Smartphone telah menjadi perangkat yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari manusia pada saat ini. Maka tak heran, banyak orang yang akan melakukan segala upaya untuk melakukan agar smartphone-nya tetap hidup . Namun masalahnya, daya baterai smartphone tidak tahan lama.

Akibatnya, beberapa orang sering mengisi ulang smartphone mereka sendiri. Tentu saja jika terlalu sering akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi smartphone, smartphone akan rusak bahkan baterai smartphone tidak dapat mengisi baterai lagi. Ketika itu terjadi pada Anda, ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengatasi baterai smartphone yang tidak dapat diisi ulang.

Pertama-tama anda perlu tahu, mengapa Anda tidak bisa melakukan isi ulang pada smartphone ?

coba analisis dan menemukan masalah tersebut, ada dua masalah biasanya, baterai tidak Mengisi sama sekali dan sangat lambat untuk mengisi, meskipun kabel USB sudah dimasukan ke port charger. Ini adalah permasalahan yang sering ditemui, sehingga yang dibutuhkan saat ini adalah solusi.

disini saya akan memberikan beberapa langkah yang bisa anda coba dan praktekan dirumah dengan mudah.

Cara Memperbaiki HP yang tidak bisa di charger

1. Periksa kabel USB dan Power Adapter

8 Cara Memperbaiki HP yang tidak bisa di charger
8 Cara Memperbaiki HP yang tidak bisa di charger

Kadang-kadang masalah mengisi ulang tidak selalu pada perangkat smartphone. Masalah juga bisa timbul dari charger yang Anda punya. bisa juga dikarenakan dari Kabel USB, karena mereka dapat dengan mudah rusak dikarenakan sering terlipat.

Jika kabel USB Anda rusak, Anda harus membeli kabel USB asli khusus smartphone agar dapat digunakan kembali tanpa resiko. Sekali lagi jangan menggunakan kabel USB yang bukan dikhususkan untuk Smartphone.

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa Power Adapter. Kadang-kadang karena penggunaan yang tidak tepat, arus dari Power Adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh.

Bagaimana untuk memeriksa, Anda dapat meminjam charger lain atau punya teman anda. Ketika dapat digunakan di smartphone Anda dan dapat terisi penuh, maka dipastikan kabel USB atau adaptor listrik Anda bermasalah

2. Periksa port USB

Anda sebagai pengguna smartphone yang memiliki mobilitas yang padat kadang-kadang sering cabut charger yang terhubung ke smartphone secara kasar tanpa disadari.

Hal ini dapat menciptakan kerusakan port USB pada smartphone Anda. Untuk mengatasi hal ini, tentu saja Anda harus membawa smartphone ke layanan resmi smartphone wilayah untuk diperiksa lebih lengkap.

3. Periksa kondisi baterai

8 Cara Memperbaiki HP yang tidak bisa di charger
8 Cara Memperbaiki HP yang tidak bisa di charger

Jika semua hal di atas ternyata normal, maka penyebabnya adalah baterai smartphone tidak dapat diisi ulang mungkin karena kondisi baterai yang rusak. anda bisa mengganti baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan pabrik.

4. Memperbaiki port USB

Solusi ini cukup mudah, sederhana dan anti rumit, dan biasanya ini adalah menjadi penyebab utama. permasalahnya biasanya ada pada smartphone logam USB yang tidak dapat terhubung dengan benar, misalnya karena kita sering melakukan aktifitas menelfon atau sambil facebookan, twitteran, bbman, whatsappan secara bersamaan akhirnya baterai menjadi boros.

hal diatas menyebabkan kita melakukan aktifitas tersebut dalam keadaan dicharger, bahkan sering manarik kabel USB jika anda ingin menggunakannya padahal baterai belum terisi dengan penuh.

Kadang-kadang smartphone ke dalam saku celana juga menjadi penyebab salah satu masalah, yang menyebabkan kotor / lecet pada port USB smartphone anda, masalah ini dapat diatasi dengan meniup keras atau menggunakan kompresor untuk membersihkanya.

5. Matikan smartphone saat Charger

Hal ini juga penting bahwa smartphone kita menjadi cepat penuh, dikarenakan pada saat pengisian dengan keadaan smartphone hidup otomatis aplikasi di smartphone juga bekerja, sementara aplikasi smartphone membutuhkan banyak tenaga baterai, terutama facebook, skype, twitter dan lain-lain.

kadang-kadang ini juga penyebab mengapa smartphone kita lambat dalam mengisi, jadi ini adalah cara sederhana dan mudah untuk mempercepat pengisian pada smartphone anda.

6. Jangan terlalu lama mencharger

Yang sering terjadi, kita sering melakukan charger ketika akan tidur di malam hari, kemudian menarik chargenya saat kita sudah terbangun, sedangkan smartphone kita hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mengisi baterai.

sekarang sudah ada beberapa smartphone teknologi terbaru yang bisa memutuskan energi listrik saat smartphone sepenuhnya sudah terisi, tetapi kadang-kadang tidak bekerja dengan baik, terutama jika kita melakukannya setiap malam, ini dapat merusak baterai pada smartphone kita.

7. Jangan charger menggunakan Alat Lain

hai ini kita sering lakukan juga, misalnya kita sering melakukan charger smartphone kita menggunakan laptop atau PC. Ini juga dapat merusak, karena setiap perangkat yang digunakan untuk pengisian kapasitasnya berbeda-beda, dan jika kita sering menggunakannya, smartphone tersebut akan rusak, terutama permasalahan arus listrik.

8. Melakukan Pembaruan perangkat lunak

Jika metode di atas tidak mengatasi masalah Anda, ada kemungkinan bahwa smartphone memerlukan update ke versi terbaru dari Android.

Banyak smartphone Android yang memiliki masalah ketika di-charge akan selesai ketika OS Android diperbarui. Misalnya, Anda sedang menggunakan Android Jelly Bean, maka Anda dapat mencoba untuk Upgrade ke Android KitKat agar dapat diisi lagi.

Namun, ada kalanya Anda tidak sengaja memperbarui terjadi sebaliknya, smartphone awalnya tidak bermasalah bahkan bisa di-charge. Ketika itu terjadi, Anda harus mengembalikan perangkat lunak ke versi awal dari OS Android atau bawaan pabrik. Hal ini sering disebut rollback.

untuk tambahan saya berikan beberapa video yang mungkin bisa berguna untuk anda

Cara Memperbaiki Batre handphone yang tidak bisa di cas
Mengatasi Masalah Charger lambat mengisi
Solusi Smartfren Andromax tidak bisa dicas / Charger

catatan :

  • untuk memperbaiki Port USB smartphone saya sarankan untuk ke tukang service saja, kemarin teman saya ada yang mengalami masalah yang sama. disana kita mengganti Port Smartphone dengan yang baru dan menghabiskan biaya Rp.15.000 bisa dibilang cukup murah dan waktu pengerjaannya tidak lebih dari 30 menit.

Sekian artikel berjudul “8 Cara Memperbaiki HP yang tidak bisa di charger“, jika ada yang ingin ditanyakan atau menambahkan silakan dikomentar terima kasih

referensi :

  • merdeka.com
  • anaksantai.com
  • youtube.com
Comments