All About Guide in the World

Cara Download, Install, dan Menggunakan Command Line Berbasis Web Browser Lynx di Ubuntu

28

Cara Download, Install, dan Menggunakan Command Line Berbasis Web Browser Lynx di Ubuntu | Meskipun antarmuka pengguna grafis (GUI) telah hampir menjadi identik dengan pribadi komputasi hari ini, sistem masih ada yang hanya menawarkan antarmuka baris perintah (CLI). Bahkan jika Anda tidak menggunakan sistem berbasis CLI ini, kadang-kadang ketika Anda mengatasi masalah, Anda harus beralih sistem Anda untuk perintah modus baris.

Bagaimana jika ada kebutuhan untuk mengakses internet ketika sistem Anda berjalan dalam mode command line ? Apakah ada alat yang memungkinkan Anda dengan cepat menelusuri Web dari baris perintah? Untungnya, jawabannya adalah ya, dengan satu alat tersebut menjadi browser Web Lynx, dan kami akan membahas dalam artikel ini.

Lynx

Sementara dokumentasi resmi menggambarkannya sebagai “WWW klien untuk pengguna yang menjalankan kursor-addressable, character-cell display devices,” Lynx -dalam istilah awam adalah browser Web open source yang memungkinkan Anda mengakses website dari baris perintah. berbasis baris menjadi perintah, alat hanya menampilkan bagian teks dari halaman Web, meskipun dapat dikonfigurasi untuk membuka gambar atau video melalui program eksternal.

Browser muncul kembali pada tahun 1992, menjadikannya browser Web tertua saat ini digunakan secara umum dan development.

Unduh dan pasang

Mendownload dan menginstal Lynx mudah di Ubuntu, yang harus Anda lakukan adalah menjalankan perintah berikut:

sudo apt-get install lynx

Perintah di atas menginstal versi 2.8.9dev.8 pada sistem saya. Dalam kasus Anda tidak ingin puas dengan apa pun kurang dari versi terbaru yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mengambilnya dari situs resmi alat ini.

baca juga : Cara Membuat File ISO di Linux

Pemakaian

Setelah berhasil diinstal, Anda dapat meluncurkan browser Web dengan menjalankan perintah berikut di terminal:

lynx

Ini akan membuka website resmi browser pada baris perintah.


Seperti yang Anda lihat, bagian teks website ini ditampilkan oleh Lynx. Di sini, kata-kata atau potongan teks yang disorot dalam warna hijau sebenarnya hyperlink. Menekan tombol atas / bawah panah pada keyboard Anda secara otomatis akan membawa Anda ke hyperlink sebelumnya atau berikutnya. Untuk mengikuti sebuah link, tekan Enter atau tombol panah kanan.

Lynx juga menampilkan daftar perintah umum di bagian bawah layar, yang sangat membantu bagi pengguna baru.


Untuk membuka situs web tertentu, jalankan perintah Lynx diikuti oleh URL website sebagai argumen. Misalnya, di sini adalah bagaimana Anda dapat membuka Google di browser Web:

lynx google.com


Untuk menemukan kata pada halaman web dibuka di Lynx, tekan tombol ‘/’, masukkan kata kunci, dan kemudian tekan Enter. Dengan cara yang sama, untuk penunjuk halaman, tekan ‘a’ kunci, diikuti oleh ‘d.’ Gunakan ‘v’ perintah untuk melihat daftar bookmark yang Anda simpan.

Berikut adalah melihat beberapa situs terkemuka lainnya ketika dibuka di browser Web.

Wall Street Journal


CNN


Selain website, Anda juga dapat menggunakan Lynx untuk membuka file disimpan secara lokal. Sebagai contoh, perintah berikut membuka sebuah file bernama ‘test’ yang terletak pada desktop saya:

lynx /home/himanshu/Desktop/test

Ini perlu menyebutkan bahwa, secara default, Lynx hanya akan membiarkan Anda melihat file lokal. Namun, Anda dapat menentukan editor di Menu Opsi jika Anda ingin mengedit file di mana saja. Untuk pergi ke Menu Opsi tekan ‘O’, dan sekali di sana, tentukan nama editor bidang Editor. Sebagai contoh, saya ditentukan ‘gedit.’


Setelah pengaturan ini selesai Anda dapat memulai editor dengan menekan ‘e’ tombol. Setelah Anda selesai dengan perubahan, keluar dari editor dan kembali ke browser Web yang sekarang akan menampilkan file diperbarui.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Lynx serta fitur dan opsi yang tersedia, pergi ke panduan pengguna Web browser yang tersedia di situs resminya.

Kesimpulan

Meskipun browser Web berbasis baris perintah, Lynx tidak sulit untuk digunakan, tidak sulit untuk memahami. Tentu saja, hal itu tidak dapat dianggap sebagai browser Web penuh, tapi itu tidak tujuannya. Ini perlu mengetahui bahwa Lynx bahkan dapat digunakan untuk menentukan cara mesin pencari dan lihat crawler Web, membuatnya menjadi alat yang berguna untuk situs web desainer juga.

referensi dan images :

  • maketecheasier.com
Comments