All About Guide in the World

7 Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk

1.308

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk | Cara Cek Kecepatan Kinerja Flashdisk | Selamat Pagi sahabat ForGuides kali ini saya akan memberikan sedikit Tips untuk anda yang suka memakai Flashdisk dan bertanya-tanya mengapa Flaskdisk merk tertentu lebih cepat dari pada merek yang lainnya ? oleh karena itu saya disini akan memberikan sedikit tutorial yang bisa anda coba dirumah.

Dalam membeli sebuah perangkat elektronik baik primer (utama) dan perangkat periferal (secondary), tentu saja kita harus melihat kemampuan perangkat tersebut. Salah satu perangkat yang banyak digunakan oleh orang-orang saat ini adalah flashdisk.

itulah perangkat periferal yang paling dibutuhkan oleh masyarakat modern saat ini. Perlu diketahui oleh semua orang dalam membeli flashdisk tidak hanya melihat kemampuan untuk menyimpan file (kapasitas), tetapi juga bagaimana kemampuan menulis dan membaca dari flashdisk tersebut. Transfer file kecepatan yang terkandung dalam flashdisk juga tidak dapat diabaikan oleh masyarakat.

Meskipun anda memiliki flash dalam kapasitas yang sangat besar bisa mencapai 64 GB atau bahkan 128 GB tanpa dukungan dengan kemampuan untuk membaca dan menulis (R / W) yang baik, flash tidak dapat diklasifikasikan ke dalam kualitas flash. Seperti yang Anda gunakan untuk mengirim file baik dari flashdisk ke komputer akan memakan waktu yang lama. Dengan proses transfer panjang yang jelas tidak dianjurkan untuk Anda. Oleh karena itu, dalam memilih flasdisk pastikan Anda memilih flashdisk yang memiliki kemampuan transfer yang tinggi.

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk
Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk

Sebelum membeli flashdisk, kita bisa melihat kemampuan transfer di tempat (wadah) untuk melihat spesifikasinya. Biasanya ditemukan di belakang atau dalam rincian. Tapi pertanyaannya sekarang bagaimana jika kita telah kehilangan tempat flashdisk tersebut ?

Caranya hanya menggunakan software pendukung yang khusus digunakan untuk membaca kecepatan atau kemampuan untuk membaca dan menulis (R / W). Untuk menentukan perangkat lunak atau aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui cara melihat kecepatan kinerja flashdisk, silakan anda dapat lihat di bawah.

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk

1. Menggunakan USBDeview

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk
Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk menggunakan USBDeview

USBDeview adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menguji atau menentukan kecepatan kinerja flashdisk. Aplikasi ini dibuat oleh Nirsoft dan aplikasi ini adalah yang paling sering digunakan oleh orang-orang saat ini untuk menguji kecepatan membaca dan menulis di flashdisk.

Aplikasi ini memiliki fitur yang disukai oleh orang pada umumnya dikarenakan tersedia fitur perangkat flashdisk benhmark dan juga pilihan untuk mempublikasikan kecepatan kinerja flashdisk ke halaman web Nirsoft. sofware ini cukup bagus untuk mengetahui kecepatan Flashdisk

baca juga : Cara Instal Linux Dengan USB Flashdisk

2. Menggunakan SpeedOut

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk
Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk menggunakan SpeedOut

hampir sama dengan sofware yang digunakan untuk menguji membaca dan menulis kecepatan flash. Tetapi perbedaannya SpeedOut datang dalam versi yang lebih kecil dan juga portable sehingga tidak membebani prosesor dan RAM komputer Anda. SpeedOut ini akan menyuguhkan nilai rata-rata tes kecepatan pembacaan  dan menulis flashdisk yang telah berjalan di aplikasi ini. Skor yang muncul nanti anda dapat menyimpannya dengan mengklik kanan pada judul bar.

3. Menggunakan USB Flash Benchmark

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk
Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk menggunakan Flash Benchmark

Aplikasi ini berguna untuk menguji kecepatan bawaan pabrik di flashdisk. USB Flash benchmark dapat mengetahui kecepatan membaca dan menulis flashdisk Anda dalam potongan 1k hingga 16MB yang akan disajikan dalam bentuk grafik.

4. menggunakan Check Flash

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk
Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk Check Flash

Check Flash adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk menguji kinerja kecepatan flashdisk. Dimana dalam aplikasi ini memiliki banyak komponen serta fitur yang sangat canggih seperti tes kecepatan membaca dan menulis flashdisk (R / W), mengedit partisi yang dapat Anda gunakan untuk partisi flashdisk, dan juga dapat Anda gunakan untuk backup dan restore aplikasi yang terdapat dalam flash.

baca juga : Cara Memberi Password Pada Flashdisk

5. Flash Drive/Card Tester

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk
Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk menggunakan Fash Drive

Sama seperti perangkat lunak lain yang telah kami sebutkan dalam artikel ini, Flash Drive/Card Tester juga tidak jauh berbeda dengan software untuk menguji kinerja flashdisk lain. Aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis di komputer Anda karena tidak dilindungi oleh lisensi yang melindungi perangkat lunak.

6. Menggunakan HDTune

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk
Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk menggunakan HDTune

Software ini ada dua versi gratis dan berbayar, tentu saja, berbayat memiliki fitur lebih dari Free. jika anda menggunakannya fitur hampir sama dengan usb flash benchmarking

7. Menggunakan CrystalDiskMark

Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk
Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk menggunakan CrystalDiskMark

software ini berbeda dengan beberapa sofware di atas, dengan menggunakan crystaldiskmark, Anda dapat mengatur proses pengujian. seperti menyesuaikan jumlah file yang dikirim, berapa kali proses pengujian dan pilihan untuk menyalin berurutan atau secara acak.

Kesimpulan

di era modern ini sudah banyak sekali Perangkat Pendukung yang bisa anda gunakan, bahkan mudah untuk dibawa kemana saja contohnya flashdisk. tapi disini kita harus jelih dalam membeli sebuah barang elektronik dikarenakan banyaknya barang palsu yang beredar di masyarakat sekitar.

oleh karena itu saya harapkan dengan beberapa cara diatas anda dapat mengetahui mana perangkat elektronik yang berkualitas dan mana saja perangkat yang abal-abal.

sekian artikel berjudul “7 Cara Cek Kecepatan Transfer USB Flashdisk“, jika ada yang ingin menambahkan atau bertanya siakan dikomentar. terima kasih

referensi :

  • helmykkediricomp.blogspot.co.id
  • it-jurnal.com
Comments