All About Guide in the World

Cara Benar Backup dan Hapus Data Android Sebelum Menjualnya

50

Cara Benar Backup dan Hapus Data Android Sebelum Menjualnya | Jika Anda berniat untuk menjual atau memberikan perangkat Android lama Anda, yang terbaik adalah untuk menyimpan cadangan data pribadi Anda dan menghapus perangkat untuk mencegah data Anda jatuh ke tangan yang salah.

Meskipun tidak ada prosedur yang 100% aman ketika anda berniat untuk menjual perangkat, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa data dan privasi tidak terganggu ketika anda menyerahkan perangkat ke pemilik baru.

Sebelum Anda menjual atau memperdagangkan smartphone Android Anda, ikuti langkah-langkah sederhana untuk membuat cadangan dan menghapus data yang aman.

1. Membuat backup penuh

Untuk membuat cadangan lengkap dari perangkat Anda, ada beberapa pilihan yang dapat Anda coba.

Copy file ke komputer

Cara Benar Backup dan Hapus Data Android Sebelum Menjualnya
Cara termudah untuk membuat cadangan file pada perangkat Android Anda adalah dengan menghubungkannya ke komputer melalui USB dan menemukan perangkat penyimpanan Anda. Membuka drive dan menyalin file dan folder yang Anda ingin untuk di backup ke komputer Anda.

Google Backup

Cara Benar Backup dan Hapus Data Android Sebelum Menjualnya
Google menawarkan beberapa cara untuk back up data pada perangkat Android Anda. Jika Anda pergi ke pengaturan telepon Anda, Anda akan menemukan “Backup dan Reset” pilihan yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis menyinkronkan data aplikasi dan pengaturan ke server Google. Backup terikat ke akun Google Anda, sehingga semua yang perlu Anda lakukan untuk mengembalikan cadangan adalah untuk masuk ke Akun Google Anda pada perangkat baru, dan semua akan disinkronkan secara otomatis jika Anda mengaktifkan pilihan “Automatic restore”.

Cara Benar Backup dan Hapus Data Android Sebelum Menjualnya
Selain itu, aplikasi Google menawarkan unlimited backup kualitas tinggi gratis dari semua foto dan video yang kemudian dapat diakses pada perangkat apapun, sementara Google Drive berguna untuk membuat cadangan dokumen penting Anda dengan 15GB penyimpanan gratis yang tersedia untuk Anda.

Solusi Backup lainnya

Jika Anda tidak peduli untuk solusi backup Google, ada beberapa solusi backup pihak ketiga yang dapat Anda coba.

Cara Benar Backup dan Hapus Data Android Sebelum Menjualnya

  • Titanium Backup (Root) adalah salah satu solusi backup yang paling dihormati di komunitas Android, tapi sayangnya, itu membutuhkan akses root untuk bekerja. Hal ini dapat digunakan untuk membuat cadangan semua jenis aplikasi dan sistem data dan termasuk opsi untuk menjadwalkan backup otomatis.
  • G Cloud Backup daftar fitur yang luas yang memungkinkan Anda untuk melindungi data aplikasi, kontak, pesan, foto, musik atau bahkan video dengan aman di cloud. Yang perlu Anda lakukan adalah mendownload aplikasi, membuat account G Cloud gratis, dan pilih apa yang harus di cadangan.
  • Helium Backup memungkinkan Anda untuk backup aplikasi dan data tanpa perlu akses root. Anda dapat menggunakannya untuk membuat cadangan data aplikasi Anda untuk SD Card Anda, PC atau Cloud Storage dan memulihkan dari sana ketika bermigrasi ke perangkat baru.

2. Benar-benar Bersihkan perangkat Anda

Setelah Anda memiliki cadangan yang tepat dari file, kontak dan pengaturan, saatnya untuk menghapus perangkat. Banyak orang berpikir melakukan reset pabrik cukup, tapi itu dapat dipulihkan dengan mudah jika alat pemulihan data yang benar digunakan. Untuk membuat hampir tidak mungkin untuk memulihkan data pribadi Anda, ada langkah-langkah lain yang harus Anda ambil selain reset pabrik.

Mengenkripsi data Anda

Sebelum Anda menghapus perangkat, direkomendasikan bahwa Anda mengenkripsi. Proses ini akan membuat data Anda tidak mungkin untuk mendekripsi kecuali cara khusus digunakan. Pastikan perangkat Anda terisi penuh sebelum melanjutkan.

1. Luncurkan aplikasi pengaturan dan cari pilihan “Encryption” di bawah Security.

Cara Benar Backup dan Hapus Data Android Sebelum Menjualnya
2. Tekan “Encrypt phone.”

Ini mungkin memakan waktu beberapa jam untuk menyelesaikan enkripsi, jadi pastikan untuk menjaga ponsel Anda terpasang untuk memastikan penyelesaian kelancaran proses.

Setelan pabrik

Cara Benar Backup dan Hapus Data Android Sebelum Menjualnya
Pergi ke “Settings -> Backup & reset -> Factory data reset” dan tekan “Reset phone.” Ini akan menghapus semua data dari penyimpanan internal perangkat Anda, jadi pastikan Anda telah membuat backup yang benar. Jika perangkat Anda memiliki SD Card, pastikan Anda menghapusnya dari perangkat sebelum menyerahkannya kepada orang lain.

Jika Anda telah mengikuti semua langkah, itu aman sekarang untuk menjual smartphone Android Anda atau memberikannya kepada teman. Beritahu kami jika Anda memiliki rekomendasi aplikasi yang lebih baik atau teknik untuk backup dan menghapus perangkat Android dengan aman.

Comments