7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit

7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit | Cara Mempercepat kecepatan internet Mozila Firefox | Mungkin anda pengguna setia dari Mozila Firefox, tapi anda mempunyai keluhan mengenai kecepatan internet saat browsing menggunakan Mozila Firefox berkurang. Tenang saja saya mempunyai cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Memang Sofware untuk Browsing akan berpengaruh pada kecepatan internet anda, oleh karena itu banyak Tips-tips berserakan di internet untuk mempercepat sebuah Browser. yang jadi pertanyaan apakah cara itu berhasil atau tidak ? semua itu kembali berbalik kepada pengguna yang menggunakan Tips tersebut.

Seperti browser lainnya, Firefox juga akan mulai melambat dengan keausan. Seiring dengan waktu Anda mungkin menemukan Firefox mengambil dua detik atau ekstra untuk memulai dan mulai tertinggal saat memuat halaman web.

Selain itu, ada juga beberapa dari Anda yang mungkin tidak puas dengan kecepatan yang saat ini Firefox tawarkan. Jika Anda mencari untuk mempercepat pengalaman Firefox Anda, maka kita tahu akan memberikan 7 cara yang berguna untuk mempercepat itu.

7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit

7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit

1. Click-To-Play Flash Content

Hal pertama yang saya lakukan setiap kali saya mulai menggunakan browser baru adalah untuk menonaktifkan konten Flash atau hanya set ke “click-to-play.” Banyak situs web masih menggunakan Adobe Flash player untuk memuat video dan konten flash lainnya, termasuk iklan. Hal ini menyebabkan mengambil lebih banyak waktu untuk memuat halaman bahkan jika Anda tidak ingin melihat konten flash. Bila diatur ke “click-to-play,” konten Flash hanya akan memuat ketika Anda klik di atasnya, sehingga memberikan Anda kontrol penuh.

Untuk mengatur konten flash untuk “click-to-play” di Firefox:

1. Klik pada menu utama Firefox di sudut kanan atas dan kemudian klik pada “Add-ons.”

7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit

2. Pada halaman add-ons, klik pada tombol “Plugins” di sisi kiri dan mencari “Shockwave Flash” Plugin.

3. Klik pada menu drop-down sebelahnya, dan pilih “Ask to Activate.” Anda bisa juga sepenuhnya menonaktifkan flash  jika Anda tidak menggunakannya sama sekali.

7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit

2. Disable Add-ons

Ini adalah hal yang umum lain yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat browser, termasuk Firefox. Add-ons dan ekstensi mengambil sumber daya, karena itu akan memperlambat browser Anda jika ada terlalu banyak. Anda harus menonaktifkan add-ons yang Anda tidak gunakan untuk mendapatkan performa terbaik.

Meskipun Anda hanya dapat pergi ke halaman “Add-ons” dari menu Firefox utama dan menonaktifkan / menghapus yang tidak perlu, yang terbaik adalah untuk membuat keputusan sesuai adalah dengan berapa banyak mengambil sumber daya add-on.

7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit

Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan ekstensi “about:addons-memory 2016.” Instal ekstensi ini dan mengunjungi halaman about:addons-memory, dan Anda akan melihat semua add-ons yang diinstal dan berapa banyak sumber daya yang digunakan masing-masing. Gunakan informasi ini untuk menghapus salah satu yang menggunakan banyak sumber daya.

about:addons-memory 2016
about:addons-memory 2016
Developer: L0garithmic
Price: Free

3. Free up Memory

Jika Anda terus-menerus menggunakan Firefox dan merasa melambat, maka Anda dapat membebaskan beberapa memori untuk mempercepatnya. Untuk melakukannya, ketik about:memory di address bar Firefox dan tekan Enter. Pada halaman berikutnya klik pada “Minimize memory usage” di bawah “Free memory” untuk membebaskan memori.

7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit

4. Aktifkan Firefox Pipelining

Ini adalah hack kecil yang rapi yang memungkinkan Firefox membuat beberapa sambungan dengan server bukan hanya satu sambungan untuk mempercepat kecepatan loading halaman (mirip dengan apa yang dilakukan download manager seperti IDM). Untuk mengaktifkan Pipelining, masukkan about:config di address bar Firefox dan tekan Enter. Di sini Anda perlu mencari entri yang disebutkan di bawah dan mengubah status mereka untuk apa yang disebutkan di bawah ini :

  • network.http.pipelining -> true
  • network.http.pipelining.aggressive -> true
  • Network.http.pipelining.maxrequests -> 8
  • Network.http.pipelining.ssl -> true

Untuk cepat menemukan semua pilihan ini, ketik network.http.pipelining pada kotak pencarian dan kemudian klik dua kali pada kolom value berikutnya untuk setiap entri untuk mengubahnya.

7 Cara Mudah Speed Up Firefox dalam Kurang dari 10 Menit

Jika Anda tidak suka melakukan semua ini secara manual, maka Anda juga dapat menggunakan Pipelining Firefox add-on untuk secara otomatis melakukan semua ini untuk Anda.

Pipelining Firefox
Pipelining Firefox
Developer: Knight Yoshi
Price: Free

5. Nonaktifkan Animasi Firefox

Mirip dengan bagaimana Anda dapat mempercepat PC Windows dengan menonaktifkan animasi, Anda juga dapat mempercepat Firefox dengan menonaktifkan animasinya. Untuk menonaktifkan animasi di Firefox, ketik about:config di address bar Firefox dan tekan Enter. Sekarang ketik “animate” di bar pencarian teratas, dan mengatur nilai untuk semua entri yang muncul untuk “False.” Hal ini seharusnya membuat pengalaman browsing Anda lebih cepat, tetapi Anda akan akan kehilangan semua animasi halus yang membuat browser terlihat keren.

 Cara Mempercepat kecepatan internet Mozila Firefox

baca juga : Cara mengatur Animasi Menu Windows 10 agar menjadi Cepat

6. Gunakan Add-ons untuk Mempercepat Firefox

Mirip dengan Chrome ada banyak add-ons yang tersedia untuk Firefox yang dapat membantu mempercepat pengalaman Firefox Anda. Beberapa yang baik tercantum di bawah ini.

Auto Unload Tab : add-on ini otomatis akan membongkar tab idle dan membebaskan semua sumber daya yang diambil oleh mereka dan kemudian membiarkan Anda dengan mudah memuat mereka bila diperlukan.

Auto Unload Tab
Auto Unload Tab
Developer: def00111
Price: Free

Image Block : Ini akan memblokir semua gambar di website, sehingga mengarah ke browsing lebih cepat, karena sedikit data yang perlu diunduh. Jika Anda tidak keberatan berada tanpa gambar, kemudian pergi untuk itu.

Image Block
Image Block
Developer: Hemant Vats
Price: Free

Speed Tweaks : Ekstensi ini dapat membuat semua tweak yang telah kita lakukan di atas, halaman about:config dan beberapa tambahan juga untuk meningkatkan kecepatan. Anda juga dapat melakukan semua ini secara manual, tetapi ekstensi ini membuat proses satu kali klik.

Speed Tweaks (SpeedyFox)
Speed Tweaks (SpeedyFox)
Developer: Jeremy Schomery
Price: Free

7. Refresh Firefox

Jika tweak di atas tidak cukup untuk browser Firefox Anda dan selalu bertingkah (termasuk crash) karena penggunaan terus menerus, maka menyegarkan Firefox bisa memperbaiki. Firefox memungkinkan Anda refresh dan mengubah semua pengaturan yang ke default dan menghapus semua data pihak ketiga (seperti add-ons). Ketik about:support di address bar Firefox dan tekan Enter. Klik tombol “Refresh Firefox” di sebelah kanan dan mengkonfirmasi prompt untuk menyegarkan itu.

 Cara Mempercepat kecepatan internet Mozila Firefox

 Cara Mempercepat kecepatan internet Mozila Firefox

Jangan khawatir, ini tidak akan menghapus data pribadi Anda seperti history browser, password, cookies, bookmark atau auto-fill.

Kesimpulan

Anda dapat menggunakan tips di atas untuk mempercepat pengalaman Firefox Anda. Beberapa tips ini dapat lebih mempercepat Firefox bahkan jika itu bekerja dengan baik untuk Anda, jadi silahkan mencoba dan dapatkan keajaiban. Juga, jika bermain-main dengan entri dalam “about: config” efek negatif akan mempengaruhi pengalaman browsing Anda, jika itu terjadi segera kgembalikan perubahan.

referensi dan images :

  • maketecheasier.com

You might also like More from author