All About Guide in the World

6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017

Tahun ini hampir berakhir lagi, jadi inilah saat yang tepat untuk merenungkan hal-hal di bidang teknologi yang membuat kehidupan digital kita lebih cepat, sederhana dan apik. Linux sangat jauh dari kumpulan kode seperti yang dulu ada, Banyak jumlah distro yang dipoles di luar sana seperti menawarkan varian pada Windows, OS X dan Ubuntu, merupakan bukti dari itu.

Jika Anda baru mengenal Linux atau mencari perubahan, distribusi ini akan berada di antara pilihan terbaik tahun 2017. Daftar ini dirancang untuk mencakup berbagai tingkat pengalaman dan kasus penggunaan. Jadi, apakah Anda seorang admin sistem, pengembang, atau pengguna desktop, Anda akan menemukan sesuatu yang menarik. Berikut adalah 6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017 :

6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017

1. Ubuntu
6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017
Dok. imgur.com

Mari kita mulai dengan hal-hal sederhana. Bagi sebagian orang, Ubuntu sama sekali tidak kuno, bahkan pada usia 13 tahun saya cukup mengenal Linux sehingga kedua OS tersebut sering digunakan secara bergantian.

Ini adalah titik awal yang sempurna bagi pengguna Linux baru, karena ini adalah OS Linux yang paling dipoles di luar sana. Sebelumnya, antarmuka desktop mungkin perlu sedikit membiasakan diri jika Anda berasal dari Mac atau Windows, namun lebih dari itu ada cara yang bagus dan lembut untuk membiasakan diri dengan OS Ubuntu dengan menggunakan perintah yang tepat, yang pada dasarnya lebih versi lanjutan dpkg Debian. Dari Debian, Ubuntu berhutang banyak, tapi dalam hal kesederhanaan,  itu lebih baik dibandingkan leluhurnya di hampir segala hal.

Perlu dicatat bahwa Ubuntu telah beralih ke Gnome 3 sebagai lingkungan desktop default Ubuntu, yang mungkin menyenangkan beberapa orang, dan ada banyak variasi untuk PC kelas bawah, seperti Ubuntu MATE yang sangat bagus untuk laptop, atau Lubuntu, yang merupakan bagian Ubuntu ringan yang menggunakan lingkungan desktop LXDE.

Ubuntu cukup merupakan distro yang membuat pengguna Linux nyaman yang sebelumnya diintimidasi olehnya, dan setelah sekian tahun ini tetap menjadi dasar aksesibilitas dan efisiensi.

2. Elementary OS
6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017
Dok. linuxinsider.com

Elementary OS berbasis Ubuntu dan bertujuan untuk memberikan pengalaman yang ramah dan dipoles di bagian luar. OS ini telah ada selama cukup banyak waktu dan telah memantapkan dirinya sebagai pilihan yang solid bagi pengguna pemula dan desktop yang mencari distro baru.

Karena SD OS berbasis Ubuntu, ia hampir memiliki semua keunggulan Ubuntu dengan tambahan level perawatan dan finishing. Ubuntu AKA dan paket juga repositori eksternal akan bekerja dengan SD, membuatnya menjadi distribusi yang sangat didukung dengan baik.

Elementary OS memiliki lingkungan desktop tersendiri, Pantheon, yang memberikan pengalaman pengguna yang seharusnya tidak terasa asing bagi penggemar macos. Itu berarti Anda bisa memiliki gaya mirip Mac dengan kekuatan dan kontrol Linux yang mendasarinya.

SD OS adalah pilihan yang luar biasa untuk pengguna desktop dan workstation dari setiap tingkat pengalaman.

3. Solus
6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017
Dok. techhive.com

Solus adalah pendatang yang relatif baru disini, tapi ini sudah mendapat perhatian serius dan memang seharusnya begitu. Solus adalah distro yang lengkap dan independen yang memberikan pengalaman bersih dan halus.

Meskipun benar-benar independen, Solus memiliki repositori yang kuat yang mencakup hampir semua perangkat lunak yang dapat Anda butuhkan. Ini adalah distribusi rilis rolling, jadi Anda bisa yakin bahwa software itu selalu up to date.

Solus menciptakan lingkungan desktopnya sendiri, Budgie, dan manajer paketnya sendiri, eopkg. Budgie adalah desktop modern ramping yang menyediakan antarmuka intuitif dan unik tanpa merasa terlalu asing bagi pengguna baru. Eopkg memiliki banyak sintaks dengan Debian’s Apt, menghasilkan sistem paket yang mudah diatur.

Solus secara eksklusif merupakan distribusi desktop terbaru. Sudah jelas para pengembang ingin berfokus untuk membuat desktop yang paling lengkap dan bisa disetel dengan baik, dan ini menunjukkannya.

4. Debian
6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017
Dok. http://downloadlinuxfree.com

Debian baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 24. Untuk proyek perangkat lunak gratis yang sudah berlangsung selama dua puluh empat tahun, Akan digunakan dengan baik dan dicintai.

Debian sering dianggap sebagai kakek dari distribusi Linux modern karena ada banyak distro berbasis Debian, termasuk Ubuntu. Bahkan sekarang Debian dan Ubuntu sangat mirip, namun Debian memiliki reputasi yang lebih baik untuk stabilitas dan komitmen terhadap komunitas perangkat lunak bebas, dan karena itulah Debian ada di sini dan Ubuntu tidak.

Debian sangat didukung oleh packagers dan repo pihak ketiga, yang hanya berfungsi untuk melengkapi repositori masif yang ada.

Debian memiliki tingkat fleksibilitas yang mengejutkan. Muncul dalam tiga varietas: stabil, pengujian, dan tidak stabil. Pelepasan stabil sangat cocok untuk server dan menghasilkan keseimbangan yang sangat baik antara kemudahan penggunaan dan konfigurasi. Pengujian dan rilis yang tidak stabil keduanya memberikan opsi untuk memberi pengguna desktop dan workstation yang lebih mutakhir dalam format rilis terbaru.

Debian menyebut dirinya “sistem operasi Universal”, dan memang memang begitu.

5. Antergos
6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017
Dok. tecmint.com

Antergos adalah distribusi tak terduga dan sering diremehkan. Ini berbasis pada Arch Linux dan dilengkapi dengan semua keunggulan instalasi Arch vanili penuh, Namun menimbulkan komplikasi di awal. Antergos adalah Arch tanpa perakitan yang dibutuhkan.

Antergos telah mengembangkan installer grafisnya sendiri, Cnchi yang membuat proses instalasi Linux Arch menjadi angin yang mutlak bagi pengguna Linux manapun. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur sistem Anda persis seperti yang Anda inginkan dan melakukan booting ke instalasi yang dikonfigurasi sempurna tanpa bermasalah.

Wiki Linux Arch tidak ada bandingannya dalam dokumentasi distribusi. Segala sesuatu di dalamnya berlaku untuk Antergos. Anda juga memiliki manfaat tambahan dari repositori Arch yang besar, yang selalu diperbarui, dan AUR (Arch User Repository).

Jika Anda lebih nyaman dengan Linux dan mencari distribusi baru yang dikemas dengan kekuatan dan banyak pilihan, Antergos pasti layak dipertimbangkan.

6. Gentoo

6 Distro Linux Terbaik di Tahun 2017Gentoo mungkin tampak seperti pilihan aneh jika Anda pernah mendengar semua meme dan kebisingan di sekitarnya. Gentoo bukan lelucon. Ini adalah distribusi paling fleksibel diantara yang lain, dan Anda bisa mengkonfigurasinya sebagai tepi yang stabil atau bertenaga yang Anda butuhkan. Intinya, Gentoo adalah apapun yang kamu buat.

Gentoo adalah distribusi berbasis sumber, artinya Anda mengkompilasi setiap paket yang Anda instal dari kode sumbernya saat Anda menginstalnya. Meskipun ini memakan waktu tambahan, ini juga memberi kesempatan untuk menyesuaikan setiap paket untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Apakah Anda menginstal Gentoo di desktop atau server, Anda dapat menyesuaikannya dengan tepat. Untuk desktop, Anda bisa memilih lingkungan desktop atau window manager tanpa memulai yang tidak perlu. Server menyediakan situasi yang sama, memungkinkan instalasi dengan tujuan ringan. Sebagai bonus tambahan, Gentoo tidak membuat batasan untuk Anda, bahkan untuk sesuatu seperti Systemd. Jika Anda tidak menginginkannya, Anda tidak harus memerlukannya.

Di sisi keamanan, proyek Gentoo Hardened adalah salah satu proyek terbaik, Meskupun bukan yang terbaik, dalam distribusi Linux untuk meningkatkan keamanan keseluruhannya. Bahkan tanpa patch GRSecurity yang sebelumnya merupakan bagian besar dari proyek ini, Gentoo Hardened adalah pilihan yang sangat baik untuk keamanan server atau desktop.

Kesimpulan

Mana yang harus kamu pilih? Salah satu dari mereka bisa menjadi yang terbaik untuk Anda atau tidak satupun dari mereka. Itu adalah sesuatu yang perlu Anda coba sendiri. Jika Anda baru mengenal Linux, Mungkin kebih baik mencoba Elementary atau Solus. Anda bahkan bisa mencoba Debian ke test drive, tapi itu memiliki tidak cukup bertahan lama.

Pengguna yang lebih berpengalaman perlu mempertimbangkan Debian dan Antergos. Anda tidak akan kecewa dengan baik, bahkan jika Anda tidak puas dengan mereka. Lalu ada Gentoo. Bagi mereka yang telah berkeliling dunia Linux dan melihat semuanya, segeralah untuk mencobanya. Anda mungkin saja jatuh cinta. Pastikan untuk masuk ke pengalaman yang mengharapkan bahwa Gentoo tidak seperti apapun yang pernah Anda gunakan sebelumnya.

Salah satu hal yang benar-benar hebat tentang Linux adalah jumlah pilihan dan keragaman. Ada begitu banyak kemungkinan yang menjadi sulit jika tidak menentukan salah satu dari distro yang ada, Maka pilihlah salah satu dari mereka.

Comments